Toyota dan Subaru kerja sama bikin mobil listrik satu model

Jakarta (ANTARA) – Toyota Motor Corporation dan Subaru Corporation menjalin bekerja sama pengembangan mobil listrik baterai (battery electric vehicles/BEV) untuk kendaraan kelas menengah hingga besar, termasuk model sport utility vehicle (SUV) yang akan dijual dengan model yang sama, tapi dengan merek masing-masing perusahaan.

“Dengan memadukan masing-masing kekuatan, seperti teknologi all-wheel-drive yang dikembangkan Subaru selama bertahun-tahun dan teknologi elektrifikasi yang dikerjakan Toyota, kedua perusahaan ingin mengambil tantangan dalam menciptakan produk menarik dengan daya tarik yang hanya dapat ditawarkan oleh BEV,” demikian keterangan resmi Toyota pada Jumat (7/6), dikutip laman resmi perusahaan, Sabtu.

Sejak berkolaborasi pada 2005, Toyota dan Subaru telah memperdalam kerja sama di berbagai bidang, termasuk pengembangan, produksi, dan penjualan kendaraan.

Contohnya, proyek Toyota 86 dan Subaru BRZ pada 2012 yang dikembangkan bersama-sama di atas platform teknologi kendaraan listrik plug-in hybrid (Hybrid electric vehicle/HEV) yang dijual di Amerika Serikat.

Pergeseran teknologi kendaraan ke era mobilitas listrik juga mendorong dua perusahaan Jepang itu bekerja sama di bidang powertrain, swakemudi, hingga mobil terkoneksi.

Salah satu tantangan memasarkan mobil jenis BEV adalah penggunaan dan ketersediaan baterai berkapasitas besar. Baterai jenis itu dianggap mampu menjawab kebutuhan konsumen akan kendaraan listrik ramah lingkungan dengan daya jelajah yang tinggi.

Toyota menyatakan, sebagai langkah awal mempopulerkan BEV, mereka akan mempercepat produksi dengan menyatukan teknologi yang mewakili kekuatan kedua perusahaan.

Toyota dan Subaru juga bersama-sama mengembangkan platform BEV, yang akan dipakai pada berbagai jenis kendaraan, termasuk sedan dan SUV.

Baca juga: BMW dan Jaguar Land Rover kolaborasi komponen mobil listrik

Baca juga: Produsen mobil listrik Nio cari mitra untuk bangun pabrik di Beijing

Pewarta: A069
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019