Harapan Tiongkok ke AS soal Perang Dagang

Presiden AS Donald Trump bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping. (FOTO: AFP)

Beijing: Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok berharap Amerika Serikat (AS) akan mendorong dua kepala negara untuk mencapai hasil positif dalam pertemuan mendatang dua negara besar ini.

Juru bicara Geng Shuang membuat pernyataan itu dalam sebuah pengarahan berita rutin. Dirinya dimintai komentar tentang pertemuan yang akan datang antara Presiden Tiongkok Xi Jinping dan mitra AS-nya Donald Trump selama KTT G20.

Melansir Xinhua, Rabu, 28 November 2018, ketika menjawab pertanyaan tentang pernyataan Trump soal Tiongkok, Geng Shuang mengatakan sangat tidak mungkin AS akan menerima permintaan Tiongkok untuk menunda kenaikan tarif.

Geng mengatakan bahwa Tiongkok telah berulang kali menekankan bahwa esensi kerja sama ekonomi dan perdagangan Tiongkok-AS saling menguntungkan dan win-win solution.

Tiongkok siap untuk menyelesaikan masalah ekonomi dan perdagangan melalui dialog dan konsultasi atas dasar keseriusan, kesetaraan, dan integritas. Geng menambahkan Tiongkok secara tegas akan melindungi hak dan kepentingannya yang sah.

Dia mengatakan bahwa kedua pemimpin memiliki pertukaran ide yang mendalam mengenai hubungan bilateral dan isu-isu yang menjadi perhatian bersama selama percakapan telepon baru-baru ini. Kedua belah pihak sepakat untuk berjuang untuk solusi yang dapat diterima bersama pada isu-isu ekonomi dan perdagangan.

“Tim ekonomi dari kedua belah pihak bersentuhan untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh dua kepala negara,” tambah Geng.

(AHL)